Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi turut membawa berbagai perubahan yang menjadikan persaingan anak di masa depan semakin ketat. Memahami hal tersebut, Trakindo Innovakids 2023 hadir sebagai salah satu bentuk komitmen berkelanjutan dalam melaksanakan program Corporate Citizenship PT Trakindo Utama (Trakindo), khususnya pada pilar pendidikan sebagai salah satu pilar terbesar dengan bagian terbesar, guna menumbuhkan budaya inovasi sejak dini sekaligus mempersiapkan anak Indonesia sebagai inovator di masa depan.

Yulia Yasmina selaku Chief Administration Officer Trakindo menjelaskan, Trakindo Innovakids merupakan selebrasi program pembinaan Trakindo di sekolah-sekolah dasar mitra Trakindo di seluruh Indonesia untuk berbagi praktik baik dan peningkatan budaya inovasi sekolah, serta mengompetisikan karya inovasi siswa. “Trakindo Innovakids hadir sebagai wadah untuk memotivasi siswa dan guru dalam berpikir kreatif dan inovatif, melalui model pembelajaran berbasis tantangan (Challenge-Based Learning). Model pembelajaran ini akan memfokuskan anak didik pada permasalahan nyata yang mereka temui di sekitar, dan mengajak mereka untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah tersebut, melalui pengembangan produk inovasi,” jelas Yulia.

Trakindo Innovakids merupakan rangkaian puncak dari Program Gerakan Transformasi Edukasi Trakindo (GENERASI) yang direncanakan selama 3 (tiga) tahun sejak tahun 2021 yang berfokus pada perbaikan tata kelola sekolah, penyiapan lingkungan pembelajaran, pembudayaan karakter, dan integrasi pembelajaran CBL (Challenge Based Learning). Memasuki tahun kedua penyelenggaraannya, program ini telah memberi manfaat kepada 30 Sekolah Dasar, 5 Sekolah Menengah Pertama, 214 Sekolah Imbas, 700 guru, 3500 siswa serta 350 orang tua di sekolah mitra. Adapun program Trakindo Innovakids ini juga semakin melengkapi dukungan program Bantuan Pendidikan Trakindo, di tingkat Sekolah Dasar Negeri di seluruh Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2010, bahkan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan dan Politeknik yang dimulai sejak 1996.

Baca juga :  Alat Cuci Tangan Otomatis dengan Fitur Pengolah Air Limbah Inovasi Siswa SDN 01 Tongo

“Tahun ini, Trakindo Innovakids mengusung tema Inovasi Kesehatan Lingkungan . Hal ini sejalan dengan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait program Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Sekolah Sehat demi mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter,” tambah Yulia.

Perwakilan Juri Ahli Athanasia Amanda Septevani, yang saat ini juga menjabat sebagai Peneliti Senior BRIN dan dinobatkan sebagai 99 Most Inspiring Women in Indonesia oleh Globe Asia 2019 menyampaikan apresiasi serta dukungan atas terlaksananya kegiatan Trakindo Innovakids 2023, guna menstimuli anak sejak dini agar terbiasa menuangkan ide dan gagasan menjadi produk-produk nyata yang bermanfaat. “Tema Trakindo Innovakids tahun ini yaitu dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, sangat relevan dan penting untuk digali sejak dini karena isu lingkungan adalah masalah global yang masih menjadi tantangan dan perhatian serius hingga saat ini. Melalui ajang ini, adik-adik kita bisa belajar secara aktif dengan melatih kepekaan terhadap kondisi lingkungan dan bahkan mampu membuahkan karya-karya baru untuk menjawab masalah lingkungan sekitar,” tegasnya.

Dalam pelaksanaannya, program Trakindo Innovakids terbagi menjadi dua tahapan. Pada tahap awal, program ini  berfokus pada upaya review terhadap visi dan misi sekolah, pengenalan program pendidikan karakter dan pendekatan Challenge Based Learning, serta asistensi pembuatan prototipe inovasi karya siswa. Selanjutnya pada tahap berikutnya, penerapan Challenge Based Learning tahap lanjutan, training “good practice writing” bagi guru-guru agar bisa mengamplifikasi inovasi dari sekolah, produksi prototipe inovasi yang dihasilkan siswa di tahap sebelumnya, serta kompetisi inovator cilik. Setelah melalui tahap penjurian, akhirnya diputuskan tiga terbaik dalam ajang Trakindo Innovakids 2023, diantaranya yaitu SD Inpres Nunbaun Delha Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), SD Negeri 46 cakranegara Nusa Tenggara Barat (NTB), dan SD Negeri 65 Pekanbaru. 

Baca juga :  Trakindo Innovakids 2022 Membina Sekolah Dasar Demi Melahirkan Inovator Masa Depan

Mardiana selaku perwakilan guru finalis dari SD Inpres Nunbaun Delha Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) menyampaikan rasa syukur serta terima kasihnya kepada Trakindo selaku penyelenggara dan semua pihak yang telah turut membantu SD Inpres Nunbaun Delha Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) selama mengikuti rangkaian kegiatan Trakindo Innovakids 2023. “Kami berharap apresiasi ini bisa menjadi tambahan motivasi, baik bagi siswa maupun seluruh warga sekolah untuk terus mengembangkan kreatifitas serta inovasi agar bisa memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat, dan menjadi bekal terbaik untuk siswa di masa depan,” kata Mardiana.

Trakindo meyakini bahwa pendidikan merupakan fondasi bagi pembangunan karakter bangsa dan individu yang berkarakter serta beretika. Kehadiran program Trakindo Innovakids 2023 ini juga sejalan dengan misi Trakindo untuk menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas bagi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia, serta menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui dukungan Trakindo terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Terlebih, program bantuan pendidikan di tingkat SD sendiri telah dicanangkan oleh Trakindo sejak 2010 dengan fokus pada Pendidikan Karakter sejak dini. “Sebagai perusahaan yang lahir dan tumbuh di Indonesia, Trakindo senantiasa berkomitmen untuk mendorong sinergi bersama dalam membangun negeri dan berharap kegiatan ini bisa menginspirasi berbagai pihak lainnya untuk bersama membangun sinergi dalam mendukung peningkatan kualitas generasi penerus bangsa di masa depan,” tutup Yulia.

Related Blog Posts

Trakindo Innovakids 2022 Membina Sekolah Dasar Demi Melahirkan Inovator Masa Depan

October 13, 2023

Sebagai perusahaan yang lahir dan tumbuh di Indonesia, PT Trakindo Utama (Trakindo) selalu berkomitmen

  • No React!
  • Comment 0