Hadirnya wabah Covid-19 dan polusi udara yang meningkat beberapa tahun terakhir ini memantik para siswa SDN 005 Sekupang Batam untuk melakukan riset dan menghasilkan solusi untuk menghadirkan udara yang bersih dan sehat di ruang kelas mereka. Untuk itu, didampingi oleh Guru dan masyarakat mereka mulai melakukan riset. Hasilnya mereka telah mampu mengembangkan solusi alat penyaring atau pembersih udara (air purifier) sederhana yang dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar mereka.

Air Purifier Sederhana Karya Siswa SDN 005 Sekupang Batam

Para siswa bersama praktisi kesehatan Puskesmas dan narasumber Sarjana Teknik, Pak Wawan yang bekerja di salah satu produsen alat elektronik di Batam membantu proses riset yang dilakukan siswa. Dengan bantuan para praktisi tersebut para siswa memahami konsep pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia dan mendapatkan ide-ide dari praktisi elektronik tentang bagaimana melakukan penyaringan udara dengan alat sederhana.

Pembuatan Alat Penyaring Udara Sederhana oleh Siswa SDN 005 Sekupang Batam

Dengan berbagai referensi, para siswa mulai mengolah ide mereka, dan akhirnya menentukan untuk membuat air purifier dari alat-alat yang mudah ditemukan disekitar mereka. Ketika membuat alat ini, mereka sempat mengalami kegagalan, namun setelah melakukan ujicoba beberapa kali akhirnya mereka berhasil mengembangkan alat tersebut. Kini, alat ini telah dipasang di kelas mereka dan membuat udara di kelas menjadi lebih sehat.

Kegiatan ini merupakan praktik baik pembelajaran berbasis tantangan atau Challenge Based Learning (CBL) dimasa pandemi Covid-19 yang digagas oleh PT. Trakindo Utama melalui program Generasi Trakindo. Program Generasi Trakindo melakukan pembinaan dan pendampingan serta memberikan pelatihan terhadap guru untuk melakukan perancangan pembelajaran serta implementasi pembelajaran secara kontekstual dalam menjembatani pengetahuan siswa melalui tantangan yang ada di lingkungan mereka dan isu-isu terkini.

Baca juga :  Trakindo Innovakids 2022 Membina Sekolah Dasar Demi Melahirkan Inovator Masa Depan

Lewat beberapa kegiatan penelitian yang dilakukan oleh siswa, pendekatan pembelajaran berbasis tantangan yang dilaksanakan di SDN 005 Sekupang, Kota Batam memberikan perubahan persepsi dalam pembelajaran yang bermakna di masa New Normal dan memberikan pengetahuan baru yang lebih luas dari sekedar materi yang diajarkan di sekolah, produk-produk inovatif yang dihasilkan mengasah life skill siswa sebagai bagian pengetahuan yang di dapatkan dalam menghadapi tantangan dimasa depan.

Related Blog Posts

Inovasi Ecoenzim, Paving Block dari Sampah Plastik dan Kotak Bank Sampah Ecobrik dari Siswa SDN 65 Pekanbaru

October 17, 2023

SDN 65 Pekanbaru  berhasil meraih Juara 1 Tingkat Nasional dengan Inovasi Alat Penyiram Otomatis (Aromantis),

  • No React!
  • Comment 1

Inovasi Alat Penyiram Otomatis (Aromantis) yang di kembangkan oleh SD Inpres Nunbaun Delha

October 17, 2023

SD Inpres Nunbaun Delha, berhasil membuat Inovasi Alat Penyiram Otomatis (Aromantis) sebagai produk PBJL, pada ajang

  • No React!
  • Comment 1

Inovasi Bank Sampah Sebel SDN 46 Cakranegara, Wujud Kepedulian Siswa Terhadap Kesehatan & Kebersihan Lingkungan Sekolah

October 17, 2023

Banyaknya sampah plastik bekas makanan dan kemasan, serta sampah dedaunan yang banyak tersebar di

  • No React!
  • Comment 1